6 Tips Sukses Membangun Bisnis Apotek

Apakah Anda tengah bingung memutuskan bidang bisnis yang akan dibangun? Bisnis Apotek bisa menjadi pilihan terbaik untuk meraih pundi-pundi keuntungan. Prospek bisnis apotek memang sangatlah menjanjikan, terlebih lagi di era pandemi ini dimana isu kesehatan sangatlah kian penting dan mengkhawatirkan. Berbisnis di bidang kesehatan dapat menjadi peluang yang tentunya sangat menguntungkan.

Selain itu, berbisnis apotek di kota ataupun di desa sama-sama memberikan keuntungan karena keberadaan apotek dimanapun sangatlah dibutuhkan. Siapapun bisa dengan mudahnya sakit dan setiap yang sakit memerlukan obat. Keberadaan apotek tentunya juga diperlukan semua kalangan, dari masyarakat kota hingga pelosok desa.

Bagi Anda yang tertarik membangun bisnis apotek, wajib untuk mengetahui 6 Tips sukses membangun bisnis apotek berikut ini.


Pilih Brand Sendiri atau Waralaba

Langkah pertama adalah putuskan untuk memilih menggunakan apotek brand sendiri atau waralaba. Apabila Anda memilih menggunakan brand apotek sendiri, pastikan perencanaan pengelolaan apotek kedepannya sangat matang. Hal tersebut guna memperlancar biaya persediaan obat ataupun biaya sewa tempat.

Sedangkan berbisnis dengan waralaba apotek seperti kimia farma, viva generik, medicine, ataupun century, keperluan standar operasional dan manajemennya telah diatur oleh kantor waralaba pusat. Sehingga anda tidak perlu memikirkan perencanaan seperti sistem operasi, sistem merekrut karyawan, dan lain sebagainya. 

Dengan menjadi mitra waralaba apotek, nantinya Anda hanya perlu menyetorkan biaya investasi lalu menunggu hasil omset apotek waralaba. Apa pun pilihan Anda, pastikan sesuai dengan modal ya!

gambar hanya ilustrasi

Pilih Lokasi Apotek

Pemilihan lokasi bisnis sangatlah penting, baik di perkotaan ataupun pedesaan diperlukan pertimbangan seperti kepadatan penduduk sekitar, lokasi yang mudah dijangkau banyak orang, serta pastikan lokasi bisnis memiliki perizinan dan juga legalitas.

Anda juga dapat mempertimbangkan membangun lokasi apotek sendiri ataupun menyewa tempat. Sesuaikan dengan modal yang ada.

Punya Dasar Pengetahuan Produk

Bagi Anda yang berminat terjun ke dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan product knowledge (dasar pengetahuan produk), tidak terkecuali dalam bisnis apotek. Meskipun hanya menanam modal dan tidak terjun langsung sebagai apoteker ataupun yang melayani pelanggan, usaha apotek membutuhkan kepercayaan dari produk-produk yang ditawarkan. 

Tentunya menjadi pebisnis apotek perlu mengetahui hal-hal dasar seperti pengetahuan produk seperti bahan pokok, manfaat, efek samping, ataupun aturan konsumsi. Hal dasar ini haruslah diketahui juga oleh staf dan pegawai lainnya.

Berikan Pelayanan Terbaik

Seorang pebisnis tentunya sangat mengetahui bagaimana ungkapan “pembeli adalah raja” sangat mempengaruhi kemajuan suatu usaha. Di luar sana tentunya juga banyak kompetitor usaha apotek yang menyediakan obat yang sama. Namun dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan bisnis apotek anda.


Pastikan Selalu Ketersediaan Stok

Ketersediaan stok menjadi faktor terpenting lainnya dalam mengelola bisnis. Secara berkala pastikan Anda mengecek data pembelian kemudian sediakan stok setiap produk yang laris. Apabila Anda belum memiliki riwayat obat, ada baiknya membeli obat sesuai harga. Beli obat yang berharga murah dengan jumlah yang lebih banyak dibanding obat yang berharga mahal.

Eliminasi Hidden Cost

Untuk menghindari biaya tambahan, Anda dapat mengeliminasi biaya tersembunyi (hidden cost) seperti biaya pengiriman obat. Anda dapat memperhatikan waktu dan hari saat pengiriman ataupun pengepakan barang yang maksimal. Apabila Anda merasakan ada hal yang mencurigakan, segera evaluasi dan mencari solusinya.

Itulah enam tips sukses membangun bisnis apotek. Pastikan juga bisnis apotek Anda tetap memperhatikan biaya ecer tertinggi dengan harga wajar serta jaga pengeluaran agar tidak lebih besar.


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com September 4, 2021 at 12:10 AM

    Wuih keren nih tipsnya kk

Add Comment
comment url